Harga Cartridge Printer HP Deskjet 1010

Tinta merupakan salah satu komponen penting yang harus ada dalam sebuah printer. Biasanya, tinta yang diperlukan untuk mencetak gambar atau tulisan bergantung pada tipe masing-masing printer. Printer HP Deskjet 1010 misalnya, pengguna bisa memakai cartridge tipe HP 802 yang dijual dengan harga mulai Rp90 ribuan untuk tinta hitam dan Rp140 ribuan untuk tinta warna.

Printer sendiri, seperti diketahui, merupakan perangkat keras atau hardware yang digunakan untuk mencetak gambar dan dokumen. Dokumen tersebut bisa berupa tulisan, diagram, tabel, atau lainnya. Nah, agar dokumen tersebut bisa terbaca, maka dibutuhkan tinta printer, dan untuk ‘menyalurkan’ tinta ini, printer biasanya telah dibekali dengan alat yang disebut cartridge.

Cartridge Printer HP Deskjet 1010
Cartridge merupakan salah satu bagian dari perangkat printer yang berguna untuk menyimpan, mengatur, dan sebagai tempat keluarnya tinta ketika proses mencetak. Cartridge pada dasarnya terdiri dari tinta printer yang digunakan untuk mencetak tulisan atau gambar pada kertas. Karena itu, cartridge bisa dikatakan memiliki peran yang sangat vital untuk sebuah printer.

Secara umum, cartridge dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu ink cartridge atau cartridge tinta dan juga toner cartridge atau toner laser. Cartridge tinta atau inkjet merupakan salah satu komponen printer inkjet yang berisi tinta yang disebarkan ke kertas selama pencetakan. Sementara, toner cartridge yaitu komponen printer laser yang bisa habis pakai.

Cartridge tinta biasanya berisi satu atau lebih reservoir tinta dan produsen tertentu juga terkadang menambahkan kontak elektronik dan sebuah chip yang “berkomunikasi” dengan printer. Jika dilihat dari segi desain, cartridge jenis ini dibedakan menjadi dua jenis, yaitu Cartridge menggunakan inkjet termal dan menggunakan piezoelectric.

Sebagian besar printer inkjet, seperti yang diproduksi oleh Canon, HP, dan Lexmark menggunakan inkjet termal. Di dalam setiap partisi reservoir tinta adalah elemen pemanas dengan pelat logam kecil atau resistor. Sebagai tanggapan atas sinyal yang diberikan oleh printer, arus kecil mengalir melalui logam atau resistor sehingga membuatnya hangat, dan tinta yang bersentuhan dengan resistor yang dipanaskan diuapkan ke dalam gelembung uap kecil di dalam nosel. Sebagai konsekuensinya, tetesan tinta dikeluarkan dari nosel cartridge ke atas kertas dan proses ini memakan waktu seperseratus milidetik.

Sementara itu, cartridge yang menggunakan piezoelectric crystal contohnya adalah semua printer buatan Epson. Saat arus diterapkan, kristal akan berubah bentuk dan ukuran, meningkatkan tekanan pada saluran tinta dan dengan demikian memaksa tetesan tinta dari nozzle. Ada dua jenis kristal yang digunakan, yaitu yang memanjang saat mengalami listrik atau bi-morph yang membungkuk.


Nah, jika kebetulan printer Anda saat ini adalah Deskjet 1010 keluaran HP, Anda bisa menggunakan cartridge HP 802 yang telah dijual bebas di pasaran. Untuk tinta berwarna hitam, harga cartridge tersebut dilepas mulai Rp90 ribuan untuk ukuran kecil, sedangkan untuk tinta warna dijual dengan harga mulai Rp140 ribuan untuk ukuran kecil.

Di situs resmi milik HP, juga ditawarkan alternatif cartridge lain yang bisa digunakan untuk Deskjet 1010. HP 61 Economy Black Original Ink Cartridge sekarang dijual dengan harga mulai 15,29 dolar AS atau setara Rp206 ribuan, sedangkan HP 61 Economy Tri-color Original Ink Cartridge dilepas dengan harga mulai 20,39 dolar AS atau sekitar Rp275 ribuan.