Daftar Lengkap Biaya Pembuatan dan Perpanjangan SIM Tahun 2018

Biaya Pembuatan dan Perpanjangan SIM Terbaru - Sebagai seorang pengendara yang baik dan tertib berlalu lintas, sudahkah Anda punya Surat Izin Mengemudi Atau SIM? Kalau belum, segera diurus, karena semua tahu kalau sifatnya wajib alias sebagai syarat utama berkendara sah di jalan.

Atau yang sudah punya SIM tapi masa berlakunya hampir habis 5 tahunan, segera lakukan perpanjangan SIM anda. Jika terlambat memperpanjang kita diharuskan membuat SIM baru lagi.
ujian praktek berkendara untuk membuat SIM

Syarat-Syarat Pembuatan SIM Baru Atau Perpanjangan SIM:
Beberapa dokumen persyaratan  yang perlu Anda bawa saat akan melakukan perpanjang SIM ke Polres adalah sebagai berikut.

Dokumen Peryaratan:
  • KTP asli serta fotokopi KTP.
  • SIM asli yang ingin diperpanjang.
  • Jika perlu Anda bisa membawa pulpen.
  • Uang, jumlah biaya yang perlu dibayar akan tertera di subjudul biaya.
  • Masa aktif SIM tidak boleh melewati masa 3 bulan expired.

Biaya Pembuatan Sim Baru dan Perpanjang SIM Mobil dan Motor Umum Satpas:

Nah, untuk memperpanjang atau membuat SIM baru akan dikenakan biaya administrasi yang tidak terlalu besar. Berikut biaya administrasi penerbitan SIM tahun 2018.

Biaya Administrasi Penerbitan SIM Baru / Pengalihan Golongan Tahun 2018
Jenis Surat Izin Mengemudi Biaya
SIM A  Rp 120.000
SIM A Umum  Rp 120.000
SIM B1 Rp 120.000
SIM B1 Umum  Rp 120.000
SIM BII  Rp 120.000
SIM BII Umum Rp 120.000
SIM C  Rp 100.000
SIM CI  Rp 100.000
SIM CII  Rp 100.000
SIM D  Rp 50.000
SIM DI  Rp 50.000


Biaya Administrasi Perpanjangan SIM/Hilang/Rusak Tahun 2018
Jenis Surat Izin MengemudiBiaya
SIM A Rp 80.000
SIM A Umum Rp 80.000
SIM B1Rp 80.000
SIM B1 Umum Rp 80.000
SIM BII Rp 80.000
SIM BII UmumRp 80.000
SIM C Rp 75.000
SIM CI Rp 75.000
SIM CII Rp 75.000
SIM D Rp 30.000
SIM DI Rp 30.000

Prosedur Atau Tata Cara Perpanjang Sim:

Agar Anda tidak kebingungan saat memperpanjang SIM sebaiknya ikuti prosedur perpanjang sim baik untuk perpanjangan sim keliling maupun perpanjangan sim secara online:

  • Jika memungkinkan datanglah saat jam kerja, karena pada weekdays biasanya satpas lebih sepi dari hari libur, jadi buat Anda yang berencana mengurus SIM urungkan niat anda untuk mengurusnya saat hari sabtu karena satpas akan sangat penuh.
  • Baiknya Anda datang pagi sekali jika ingin mengurus SIM atau indentitas lain di kantor polisi, loket formulir akan buka pada jam 08.00 pada saat itu juga akan banyak orang yang sudah mengantri.
  • Loket pertama yang akan Anda kunjungi adalah ruang kesehatan, tanyakan kepada petugas dimana Anda dapat melakukan test kesehatan. Test kesehatan berupa test buta warna dan cek tekanan darah.
  • Setelah Anda melakukan test kesehatan atau memperoleh surat KIR dari dokter, Anda harus menuju ke ruangan informasi dan pendaftaran pemohon SIM. Disini Anda harus memberikan hasil test kesehatan, KTP fotocopy dan SIM asli yang ingin diperpanjang. Biasanya Anda akan diberikan map putih yang berisi formulir biru dan kartu Asuransi.
  • Masuk ke loket pendaftaran, Anda akan diberikan formulir pengajuan perpanjangan SIM. Nah pada saat ini Anda akan sangat memerlukan pulpen makanya persiapkan pulpen dari rumah.
  • Setelah itu Anda akan masuk ke ruangan foto, biasanya tidak semua peserta akan masuk berbarengan. Kita perlu mengantri, umumnya peserta akan dipanggil satu persatu atau sekaligus ber-5 atau 10. Anda akan di foto, save sidik jari dan tanda tangan, pastikan penampilan Anda rapih dan bersih karena foto ini akan ada di kartu SIM Anda sampai 5 tahun kedepan.
  • Saatnya pengambilan SIM, setelah menjalani sesi foto maka Anda akan diarahkan untuk duduk di ruang tunggu pengambilan SIM.
Biaya administrasi Pembuatan SIM dan Perpanjangan SIM tersebut telah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016. Biaya ini masih sama seperti biaya pembuatan SIM A dan A Umum, SIM B1 dan B1 Umum, SIM B2 dan B2 Umum, SIM C, SIM D  dan SIM Internasional tahun kemarin karena belum ada peraturan baru.